Latar belakang projek ini dapat didasarkan pada beberapa alasan. Pertama, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai kehidupan yang mencakup persatuan, keadilan, demokrasi, dan ketuhanan yang maha esa. Dalam konteks gaya hidup berkelanjutan, nilai-nilai ini dapat diterapkan sebagai pedoman untuk menjaga dan melindungi lingkungan hidup.

Gaya Hidup Berkelanjutan adalah cara hidup dengan kesadaran dan pandangan jangka panjang untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan dan memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan dan kualitas hidup manusia dengan mengurangi plastik, menghemat energi, dan menggunakan barang-barang ramah lingkungan, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga meningkatkan kualitas hidup kita melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti mengkonsumsi makanan organik dan melakukan penghijauan.

Kegiatan dalam tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” di P5 meliputi penyuluhan tentang pentingnya gaya hidup berkelanjutan dan pembuatan produk daur ulang. Diharapkan kegiatan ini dapat menginspirasi kita untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik dalam menjalani gaya hidup berkelanjutan.

Dengan subtema “Lestari Lingkunganku”, projek ini juga bertujuan untuk mengajak pelajar untuk berperan aktif dan kreatif dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Mereka dapat belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan, membuang sampah dengan benar, mendaur ulang, menanam pohon, dan melindungi flora dan fauna lokal. Melalui projek ini, diharapkan pelajar dapat memahami nilai-nilai Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi agen perubahan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Projek ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan dan menjaga lingkungan untuk generasi mendatang